Google
 

Jumat, Juli 22, 2005

belajar sharing


Pernah ada yg bilang kalau cuma ngomong doang adalah hal yang gampang tapi coba kita lakukan sendiri hal2 tersebut.

Baru - baru ini kalimat ini selalu mengena pada diri gue.
ternyata untuk dapat menjadi sabar dalam memberikan transfer pengetahuan itu sulit banget.
selalu membandingkan penerima knowledge dengan diri kita sendiri. kenapa mereka selalu lambat menerima dan memahami, kenapa mereka tidak bisa mengingat apa yang sudah diberikan.

Padahal adalah suatu kemungkinan apabila kita sebagai pemberi knowledge tidak melakukan metoda transfer knowledge yang efektif. dengan pengetahuan kita dan pengalaman kita yang sudah adv, kita tdk bisa membandingkan orang yg baru belajar dengan kita, mungkin kita lupa padahal kita mungkin pernah seperti mereka banyak bertanya, mengulang lagi omongan yang sama.

Waduh..
ternyata bener setelah gue pikir2, cara gue neranging begitu tdk efektif banyak istilah2 teknis gue pake padalah utk org yg baru belajar mungkin belum tau dan bodohnya gue juga menganggap mereka seharusnya sudah tau hal2 tsb... (hmm aneh ya)
dan terlalu pelit kalimat yg keluar dari mulut gue. alih2 memberikan penjelasan malah meengeluarkan kalimat2 singkat yg hanya bisa dimengerti bagi yg mungkin sudah pernah berhubungan dengan hal yg saya ajarkan.

Bagaimana dengan kalian semua apa pernah mengalami hal spt ini?

Tidak ada komentar: